Pentingnya Inisiasi Menyusu Dini

MPI-LampungInisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah bagian dari proses persalinan dimana bayi-bayi yang lahir dalam satu jam pertama kehidupannya (tanpa dimandikan) langsung ditengkurapkan di atas perut ibunya dan dibiarkan berjuang mencari puting sang ibu untuk menyusu. Jadi, setelah tali pusat bayi dipotong, ia akan dikeringkan, lalu ditaruh di dada ibu untuk mengisap puting (kontak dini). Bayi akan merangkak ke arah payudara dan menyusu sendiri (the breast crawl). Umumnya, pada usia 50 menit dan tanpa bantuan, bayi berhasil menemukan payudara (dengan insting penciumannya) dan mengisap puting. Setelah itu, proses IMD masih berlanjut dengan membiarkan bayi menyusu minimal selama setengah jam. Barulah kemudian bayi dipisahkan dari ibunya untuk ditimbang, dicap, dan dibersihkan. Inisiasi Menyusu Dini adalah proses membiarkan bayi menyusu sendiri segera setelah lahir. Hal ini merupakan kodrat dan anugrah dari Tuhan yang sudah disusun untuk kita melakukannya juga tidak sulit, hanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam. Inisiasi Menyusu Dini atau disingkat sebagai IMD merupakan program yang sedang gencar dianjurkan pemerintah. Menyusu dan bukan menyusui merupakan gambaran bahwa IMD bukan  program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu. 

Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) atau permulaan menyusu dini adalah bayi mulai menyusu sendiri segara setelah lahir. Jadi, sebenarnya bayi manusia seperti juga bayi mamalia lain mempunyai sendiri. Asalkan dibiarkan kontak kulit bayi dengan kulit ibunya, setidaknya dalam satu jam segera setelah lahir. Cara bayi melakukan inisiasi menyusu dini ini dinamakan the breast crawl atau merangkak mencari payudara, (Roesli, 2008). Jadi, inisiasi menyusu dini (IMD) adalah proses bayi mulai menyusu sendiri segera setelah lahir. Dimana bayi diletakkan di dada ibu dan mencari puting ibu untuk menyusu dengan cara the breast crawl dalam waktu setidaknya satu jam.

Ada pun tujuan Inisiasi menyusu dini (IMD) ini meliputi:
  1. Menurunkan angka kematian bayi dan menurunkan angka kematian ibu
  2. Memabantu melancarkan program ASI Eksklusif
  3. Kontak kulit dengan kulit membuat ibu dan bayi lebih tenang.
  4. Saat IMD bayi menelan bakteri ‘baik’ dari kulit ibu yang akan membentuk koloni di kulit dan usus bayi sebagai perlindungan diri.
  5. Kontak kulit dengan kulit antara ibu dan bayi akan meningkatkan ikatan kasih sayang ibu dan bayi.
  6. Mengurangi perdarahan setelah melahirkan.
  7. Mengurangi terjadinya anemia.
(Bung_Destur/MPI Jogja)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.