Kenapa aku kuliah?

Sebuah pertanyaan yang akan mendapatkan jawaban dari mahasiswa yang bervariasi. Sudah bukan menjadi hal yang tabu lagi, bahwa tujuan mahasiswa kuliah adalah untuk mencari kerja. Sistem peninggalan kolonial belanda menuntut setiap orang menjadi seorang pekerja. Kuliah, setelah itu bekerja. Dapat ilmu, setelah itu bekerja.

Kuliah hanya untuk mencari kerja. Masing-masing mahasiswa tentu tidak semua memiliki faham demikian. Jika dilakukan survei, mungkin akan mendapat jawaban yang sangat variatif. Beragam jawaban akan muncul dari setiap mahasiswa. Dari pengalaman saya selama kuliah ada beberapa alasan kenapa mahasiswa harus kuliah, selain untuk mendapatkan kerja tentunya. Diantaranya, karena tuntutan orang tua harus menjadi dokter, karena ingin mengenyam pendidikan tinggi, dan lainnya.
Ilustrasi diambil dari novariany.com dengan sedikit editan.

Alasan-alasan mahasiswa yang beragam tentang kenapa mereka kuliah akan memunculkan sikap atau fenomena yang beragam pula dalam menjalani studi nya. Mahasiswa yang memiliki prinsip study oriented akan selalu berfokus dengan kuliahnya. Jalan apapun akan ditempuh untuk tetap berprestasi, tentunya jalan yang positif ya. Satu sisi, ada mahasiswa yang di kampus terlalu berorganisasi saja, memikirkan bagaimana organisasi yang di tunggangi nya bisa sukses. Sehingga mata kuliah banyak yang terbengkalai dan harus diulang.

Sahabatku, kuliah bukan sesuatu yang dilarang, bahkan jika memang kuliah untuk mengejar akhirat itu menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan. Perhatikan semua yang sudah kita dilakukan di dunia kampus. Apakah hanya berorientasi pada dunia saja, atau juga kita orientasikan kepada kehidupan yang abadi kelak, yaitu akhirat. Menjadi koreksi pada diri saya pribadi dan perenungan bagi sahabat yang masih berada di bangku kuliah. Imbangi semangat studi dengan semangat penghambaan kepada Allah Subahanahuwata'alla.

Mahasiswa kuliah di jurusan yang berbeda-beda. Maka mahasiswa akan memiliki skill sesuai jurusan itu. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengorientasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk akhirat kita adalah dengan menggunakan skill yang kita miliki untuk membantu memperjuangkan Agama Allah. Sebagai contoh, kuliah di jurusan Informatika, sudah tentu akan mendapatkan ilmu tentang dunia Informatika yang sangat canggih dan modern. Hari ini dunia dakwah Islam sudah sangat masif merambah dunia maya. Nah, gunakan skill itu untuk ikut meramaikan dunia maya dengan syiar-syiar Islam berbasis teknolagi informatika yang canggih dan modern tersebut. 


Sehingga kuliah tidak hanya sekedar kuliah, kuliah tidak hanya untuk kerja, tapi kuliah juga untuk Allah Subahanahuawata'alla. 

Sudah jelas dalam Al-Quran Surat Adzariyat ayat yang ke 56, bahwa sejatinya kita diciptakan untuk beribadah kepada Allah Subahanahuawata'alla : 


  وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُون
Artinya: ” Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu”. (Qs, Adz Dzaariyat: 56)

(adi)
Diberdayakan oleh Blogger.