13 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru yang Perlu Kamu Ketahui (Part 1)

Mahasiswa Baru Unila2015


Mpilampung.org – Siapa yang tak senang menjadi mahasiswa baru? Almamater baru, kawan baru, Setelah meninggalkan bangku sekolah menengah, tibalah saatnya menjadi mahasiswa. 13 tips sukses menjadi mahasiswa baru berikut akan membuatmu lebih produktif, lebih semangat di kampus dan berkah. Yuk dibaca sampai habis! 


1. Tetapkan impianmu selama kuliah
Semasa di sekolah menengah dulu mungkin kamu sudah punya tujuan ingin kuliah di kampus A atau di kampus B, dan semua itu terwujud karena impian. Jika kamu belum berpikir seperti itu, saat menjadi mahasiswa baru ini perlu kamu pikirkan, karena sangat penting untuk masa depanmu. Buatlah impianmu selama kuliah atau ditambah impianmu setelah kuliah nanti. Kamu akan lebih bersemangat dalam aktivitasmu sehari-hari. Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Tingginya cita-cita (impian) seseorang adalah tanda kebahagiannya, sedangkan rendahnya cita-cita seseorang adalah tanda bahwa dia tidak akan menggapai kebahagiaan itu.” (Ma’alim Fi Thariq al-Islhlah, hal.13) 

2. Tetapkan target IP-mu 
Masih jadi mahasiswa baru, janganlah seperti mahasiswa yang hilang arah. Tetapkanlah target IP-mu tiap semester. Buatlah cita-cita yang tinggi, jangalah buat cita-cita yang rendah karena itu hanya membuatmu malas. Biasanya IP untuk kamu yang ingin bekerja nantinya berkisar antara 2,75 sampai 3,00. Usahakan IP mu diatas 3,00. Tinggalkan rasa malasmu, belajar yang rajin, kerjakan tugas kuliahmu, siapkan dirimu buat ujian (UTS/UAS). 

3. Datanglah ke kampus lebih awal 
Datang ke kampus lebih awal, dapat membuatmu menjadi mahasiswa baru yang lebih bersemangat. Kamu bisa gunakan waktu luangmu sebelum kuliah dimulai. Kamu juga bisa sempatkan dahulu ke masjid untuk shalat Dhuha. Ketika kuliah belum dimulai, kamu juga bisa saling berinteraksi dengan teman sekelasmu tentang perkuliahan (jangan nge-gosip ya! :D) 

4. Perbanyak teman tapi pilih-pilihlah dalam mencari sahabat Ketika kamu menjadi mahasiswa baru, kamu akan menemukan banyak karakter dari teman sekelasmu dari yang paling sholeh sampai yang paling Bengal. Tetaplah berteman dengan mereka dan jaga silaturahmi dan akhlak. Akan tetapi kamu perlu mengetahui batasan-batasan dalam berteman, kamu tidak perlu mengikuti apa yang dilakukan oleh teman kuliahmu. Selain itu, kamu perlu memiliki sahabat, karena bisa jadi merekalah orang-orang yang akan menemanimu ketika saat senang dan sedihmu. Carilah sahabat yang bisa menasehati. 

5. Kenalilah karakter dosen dikampusmu Masih mahasiswa baru, kamu perlu tahu karakter dosenmu. Kamu bukan anak SMA lagi yang didatangi oleh gurumu di kelas dan mengajar seperti biasanya di sekolah menengah. Kamu perlu tahu dari cara mengajar, bagaimana mereka menghadapi mahasiswa, bagaimana mereka memberikan waktu untuk tugas kuliah. Semua itu kamu perlu tahu, agar kamu tahu bagaimana cara menghadapi setiap dosen yang ada dikampusmu. Tanyalah kakak tingkatmu di kampus.

6. Mintalah arsip tugas dan ujian dengan kakak tingkat Kalau udah jadi mahasiswa baru jangan malu-malu apalagi sampai ketakutan dengan kakak tingkat. Berkenalanlah dengan kakak tingkat dijurusanmu dan mintalah arsip tugas dan ujian mereka semester 1 dan 2. Kenapa? Karena biasanya tugas-tugas dosen tidak berbeda jauh dari tahun ke tahun. Dan biasanya pasti kakak tingkatmu punya arsipnya, entah itu laporan praktikum, berkas lembar soal UTS atau UAS. Mintalah dengan mereka dengan sopan, kalau kamu baik pasti dikasih.




Lanjut ke PART 2
Diberdayakan oleh Blogger.