13 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru yang perlu kamu ketahui (Part 2)

Ini adalah lanjutan dari 13 Tips sukses menjadi mahasiswa baru

7.      Aktiflah berorganisasi dan jangan jadi mahasiswa apatis

Sudah jadi mahasiswa tapi cuma kuliah pulang, kuliah pulang. Inilah fenomena-fenomena mahasiswa akhir zaman. Mereka apatis, tidak peduli dengan dunia sekitar, itulah mahasiswa egois yang hanya memikirkan diri sendiri.  Ikut organisasi bisa mengembangkan potensimu. Tidak hanya itu, ikut organisasi dapat meningkatkan kepedulianmu dengan dunia sekitar. Banyak sekali organisasi di kampus yang bisa kamu ikuti, entah itu HMJ, BEM, UKM-UKM yang sesuai dengan bakatmu. Atau kamu juga bisa ikut Lembaga Dakwah Kampus (LDK). Atau yang lebih greget lagi kamu juga bisa ikut organisasi pergerakan mahasiswa eksternal kampus. Beberapa lembaga mahasiswa eksternal yang recommended seperti KAMMI, PMII, IMM, MPI dan lain-lain.

Siapa bilang mahasiswa baru gak boleh ikut organisasi? Sebenarnya mereka hanya takut karena dilarang oleh kakak tingkat di jurusan. Padahal tidak ada larangan dari kampus dan sebenarnya kakak tingkat pun tidak berhak melarang mereka ikut organisasi diluar jurusanmu.

Tips Mahasiswa Baru


8.      Kerjakanlah tugas kuliah bersama temanmu

Mengerjakan tugas bareng-bareng (dengan catatan benar-benar dikerjakan) bisa bikin kamu semangat. Kamu bisa saling bertanya kepada temanmu jika ada materi yang tidak kamu ketahui. Ada juga yang pengennya ngerjain tugas cuma sendirian, ya itupun tidak salah juga. Karena tiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Intinya, buatlah waktu belajarmu dan waktu mengerjakan tugasmu dengan nyaman.

9.      Jangan mencontek saat ujian

Sudah menjadi mahasiswa baru, berpikirlah dewasa. Mencontek, inilah budaya buruk pelajar Indonesia masa kini. Wajar saja banyak pemimpin tidak jujur di negeri ini, karena semasa pendidikan ia hanya bisa mencontek pada saat ujian demi nilai kuliah yang tinggi. Untuk apa orang tua kamu menyekolahkan kamu dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, hanya menjadi tukang contek? Lebih tepatnya menjadi seorang Pendusta

10.  Sering seringlah liat mading kampus

Mading kampus perlu kamu tengok setiap hari, banyak informasi mengenai kampus yang akan kamu dapatkan. Biasanya info-info seputar jadwal perkuliahan dari jurusan, tanggal acara penting, nilai-nilai ujian, info jadwal seminar usul dan hasil kakak tingkatmu akan ditempel madding jurusan. Di madding kamu juga bisa liat info-info seputar kegiatan dari Lembaga Kemahasiswaan di kampus.

11.  Ingatlah orang tua di rumah

Mereka mati-matian bekerja ingin anaknya menjadi orang yang berguna, bukan menjadi orang yang hanya menghabiskan uang mereka di perantauan. Ingatlah orang tua kamu di kampung halaman, sesekali hubungi mereka via telpon. Walau hanya menanyakan kabar, mereka akan senang sekali. Ketika kamu sedih, putus asa, hubungilah mereka, mereka akan men-support kamu.

12.  Jangan tinggalkan shalat 5 waktu

Shalat merupakan pembuka semua amalan, ketika shalat kita tidak diterima, maka amalan sholeh lainnya tidak akan diterima. Biasanya mahasiswa baru dikumpulkan oleh kakak tingkatnya tanpa menghiraukan waktu shalat. Ini adalah budaya yang kurang baik di kampus. Maka dari itu sebagai mahasiswa muslim kita kudu kritis terhadap situasi ini.
Tips Mahasiswa Baru
Mahasiwa Baru Fakultas Teknik Unila Melaksanakan Shalat Zuhur berjmaah (Sumber : FB Bem-ft Unila) 


13.  Jangan lupa membaca Al-Qur’an

Baca Al-Qur,an? Ya ... ini merupakan budaya yang perlu digalakkan dikalangan mahasiswa. Kalau kamu pergi menuju masjid kampus, atau pada saat menjelang shalat Jum’at, maka kamu akan melihat beberapa mahasiswa yang sedang asyik membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an akan membuatmu lebih produktif, ketimbang kamu tidk melakukan apa-apa, atau melakukan yang dilarang agama.

Jika kamu masih belum bisa membaca Al-Qur’an, kamu bisa ikut mentoring bimbingan baca Al-Qur’an yang ada di kampusmu. Biasanya bimbingan baca Al-Qur’an ini diwajibkan selama 1 semester dan nilainya termasuk nilai dari mata kuliah agama Islam. Niatkanlah untuk belajar Al-Qur’an, bukan hanya sekedar mencari nilai.

Demikian 13 Tips sukses menjadi mahasiswa baru, semoga bermanfaat dan menjadi sarana untuk saling mengingatkan dan berbagi manfaat sesama Muslim. Tips ini dikumpulkan dari pengalaman dan pendapat penulis.



Penulis : Muh. Aulia Audita (Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Faperta Unila)
Diberdayakan oleh Blogger.