Ketika Saudaramu Terjatuh Dalam Dosa



MPILampung.org - Jika engkau melihat saudaramu telah terjatuh pada perbuatan dosa, maka janganlah engkau selalu mengungkit-ungkit kesalahannya. Bisa jadi dia meneteskan air matanya mengharapkan kemurahan ampunan Allah dan Allah telah mengampuninya. Sedang kita terkadang masih sibuk membicarakan aibnya. 

Ibrahim an Nakhai berkata; 

إني لأرى الشيء أكرهه فما يمنعني أن أتكلم فيه إلا مخافة أن أبتلى بمثله. التاريخ الكبير

"Aku melihat sesuatu yang aku benci dan tidak ada yang menghalangiku untuk memberikan komentar kecuali karena kekhawatiran suatu saat nanti aku akan terjatuh dalam hal tersebut.

Imam Hasan Al Bashri berkata: 

كانوا يقولون: من رمى أخاه بذنب قد تاب منه لم يمت حتى يبتليه الله به. الصمت لابن ابي الدنيا

"Para sahabat nabi berkata: barangsiapa yang mencela saudaranya karena dosa yang dikerjakannya padahal saudaranya itu telah bertaubat dari dosanya tersebut niscaya ia tidak akan meninggal dunia kecuali setelah ia mengerjakan dosa yang serupa dengan yang dilakukan oleh saudaranya itu". 

Janganlah kita sibuk mengungkap aib, atau skandal seseorang karena bisa jadi Allah telah mengampuni orang tersebut sehingga Kita telah mencela orang yangg sudah diampuni Allah.

"Barangsiapa mencela saudaranya karena dosa yang pernah ia lakukan maka tidaklah ia mati kecuali ia terjatuh dalam dosa yang dilakukan oleh saudaranya itu. (diriwayatkan oleh at-Tirmidzi) 

استغفرالله..وأتوب اليك

Astaghfirullah...wa atuubu ilaik (ampuni segala dosaq ya Alloh..dan aq bertaubat pdmu )

برك اللّٰه فيكم


Ed: Khothob
Diberdayakan oleh Blogger.