WiFi Kamu Lelet? Coba 10 Cara Ini!



MPILampung.org - WiFi seringkali mengalami gangguan, tentunya hal itu akan membuat kita merasa kesal dan lain sebagainya. Terutama saat internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, baik untuk hiburan sampai soal pekerjaan. Namun tidak usah khawatir ataupun panik jika suatu saat koneksi WiFi di kantor maupun di rumah mendadak jadi lemot. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek keadaan router yang kita gunakan. Karena, mulai dari pengaturan sampai posisi router bisa berpengaruh pada bagus atau tidaknya kualitas sinyal WiFi. Ketika sedang mengecek router, tetapi pastikan kita mau melakukan 10 langkah sederhana berikut ini. 

1. Cek keadaan/posisi router 
Mengecek keadaan ataupun posisi router terkesan seperti hal yang sepele. Padahal hal tersebut efeknya bisa sangat besar. Karena cara kerja dari router tersebut adalah mengirimkan sinyal ke semua arah. Oleh karena itu, letakkan router pada posisi yang strategis, misalkan di tengah-tengah ruangan. Jika router kita letakkan di samping jendela, maka akan ada sinyal yang dikirimkan ke arah luar. Hal tersebut akan membuat WiFi menjadi sia-sia dan tidak bisa menjangkau seluruh bagian ruangan. 

2. Jangan letakkan router di lantai
Letakkan router pada tempat/posisi yang tinggi, misalkan lemari atau meja. Jika posisi router berada pada tempat yang lebih tinggi akan menguntungkan, dikarenakan router tersebut dirancang untuk mengirimkan sinyal ke arah bawah. Selain itu, lantai juga mengandung bahan semen, beton maupun logam yang sangat sulit ditembus oleh sinyal WiFi. 

3. Letakkan router di tempat tertentu 
Sinyal WiFi akan terpancar dengan lebih kuat di dalam ruangan tempat di mana kita menyimpan router tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kita meletakkan router tersebut di dalam ruangan yang sering kita gunakan sebagai ruang kerja. 

4. Pilih tempat yang terbuka
Ada banyak hal ataupun bahan yang dapat menyerap sinyal router yang bisa mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga supaya kinerja sinyal WiFi tetap maksimal, sebaiknya jangan kita letakkan router di antara mebel yang berukuran besar serta dinding, ataupun di dalam lemari. Carilah posisi yang bebas dari himpitan dan bisa membuat router tersebut dapat dilihat dari arah manapun. 

5. Jauhkan dari benda elektronik lain 
Jauhkan router kita dari benda elektronik lainnya, misalkan microwave, televisi, serta telepon nirkabel. Benda apapun yang dapat menghasilkan sinyal elektromagnetik akan mengganggu dan melemahkan kinerja dari sinyal WiFi. 

6. Atur antena router agar berdiri 
Atur antena router supaya berada di posisi vertikal. Dengan posisi tersebut akan membuat sinyal menjadi terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi akan lebih mudah menjangkau seluruh bagian dari ruangan. 

7. Periksa kekuatan sinyal WiFi
Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dalam hal ini, seperti Cloudcheck atau Amped. Ketika sedang mengecek sinyal, kita bisa memetakan bagian mana saja yang akan menerima sinyal paling kuat dan mana yang menerima sinyal paling lemah. 

8. Atur perangkat lunak router 
Kita juga bisa mempercepat jaringan WiFi dengan memasukkan beberapa pengaturan tertentu pada perangkat lunak router. Akses menuju perangkat lunak ini bisa kita buka melalui IP address khusus. Kita dapat mengecek IP tersebut pada bagian bawah dari router atau pada buku panduan yang disertakan di dalamnya. Setelah kita masuk ke dalam menu pengaturan, ubah channel frekuensi dari router tersebut. Biasanya terdapat 14 channel yang bisa kita pilih. Channel yang paling bagus biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel tersebut lebih cenderung minim akan gangguan karena jarang sekali bersinggungan dengan channel yang digunakan oleh orang lain. Selain menggunakan pengaturan channel, cek juga pembaruan firmware. Biasanya dari pihak pembuat router akan mengeluarkan pembaruan firmware untuk memperbaiki kinerja dari perangkatnya. 

9. Lakukan speed test 
Lakukan speed test guna untuk mengetahui letak masalah dari koneksi WiFi kita. Pertama-tama cobalah hal tersebut melakukan koneksi pada WiFi, kemudian lakukan hal yang serupa dengan menggunakan koneksi kabel LAN. Jika kedua hal tersebut sama-sama jelek, berarti masalah utamanya ada pada penyedia layanan internet sedang kita gunakan. 

10. Beli router baru 
Ini merupakan jalan terakhir yang harus kita lakukan jika semua cara di atas sudah kita coba namun tetap tidak ada hasil yang memuaskan.


Source: Islampos.com
Ed: Khothob
Diberdayakan oleh Blogger.