Muslimah MPI Lampung Sukses Gelar Dauroh Tahsin



mpilampung.org (Bandarlampung, 28/04/1437) Alhamdulillaah, atas izin Allaah Muslimah MPI (Mahasiswa Pecinta Islam) Lampung sukses menggelar acara Dauroh Tahsin dengan tema "Hidupkan Al-Qur'an di Hidupmu" pada hari Senin, 28 Rabi'uts Tsani 1437 H bertepatan dengan 8 Februari 2016 di Aula Masjid Al-Hikmah. Acara ini dihadiri 55 peserta yang terdiri dari pelajar SMA, mahasiswi, maupun umum. Sebenarnya panitia hanya membatasi acara ini untuk 30 peserta, namun peserta yang berminat sangat banyak sehingga panitia menambah kuota lagi dengan berbagai pertimbangan, seperti pengurus Rumah Qur'an yang tetap diterima sebagai peserta walaupun kuota sudah penuh, dengan tujuan untuk membantu dakwah khususnya yang berkaitan dengan menghidupkan Al-Qur'an dalam hidup umat Islam. Meskipun banyak juga calon peserta lain yang belum bisa bergabung karena terbatasnya kuota, karena pada dasarnya suatu dauroh tahsin tidak akan berjalan dengan kondusif dan efektif jika pesertanya terlalu banyak.

Adapun pemateri dalam acara ini adalah Ustadzah Yusdiana, seorang daiyyah dari Bekasi. Beliau menyampaikan materinya dalam 5 pokok bahasan yang dibagi menjadi 3 sesi materi dan 1 sesi praktik yaitu pentingnya sanad Al-Qur'an, urgensi belajar tajwid, makhorijul huruf, shifatul huruf, dan tadrib. Beliau menerangkan bahwa ilmu tahsin adalah ilmu yang utama karena ilmu tahsin tidak hanya dipakai pada saat menghadiri acara-acara dauroh saja, tetapi ilmu tahsin selalu dipakai dalam keseharian kita ketika membaca Al-Qur'an. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta untuk bekerja keras dalam memperbaiki bacaan Al-Qur'an dan selalu optimis bahwa Allaah pasti menolong kita.

Acara yang dimulai dari pukul 08.30 hingga 17.00 WIB ini menuai banyak respon positif dari peserta. 100 persen peserta dauroh merasa 'ketagihan' akan acara ini sehingga berharap agar acara ini diadakan lagi dan lagi. Hal ini merupakan bentuk kesuksesan besar Muslimah MPI Lampung dalam memprakarsai acara ini. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, panitia hanya berjumlah 8 orang dan dibantu oleh beberapa orang ikhwan MPI dan takmir Masjid Al-Hikmah.

Di akhir acara, Muslimah MPI Lampung menyampaikan permohonan maaf kepada calon peserta yang belum bisa bergabung dalam acara ini. Panitia juga menyampaikan bahwa in syaa Allaah kedepannya akan diadakan kegiatan serupa yang akan dimotori oleh Rumah Qur'an Al Falaah Lampung.

Reporter : Ve
Diberdayakan oleh Blogger.