Menjadi Muslimah Produktif, Bagaimana Caranya?




mpilampung.org - Semua orang ingin memiliki kesuksesan dalam hidupnya. Kesuksesan itu selalu dipupuk dari kedisiplinan. Jangan turuti hasrat “malas gerak”-mu. Beberapa kegiatan di bawah ini bisa bantu kamu disiplin dan kesuksesan turut bersamanya:

1. Rancang Hal-hal yang Akan Kamu Lakukan
Setiap malam sebelum tidur, rancang hal-hal apa yang ingin kamu lakukan esok harinya. Siapkan sebuah buku tulis dan tulis rancangan kegiatan harianmu di sana. Tulis nama kegiatannya dan jam pelaksanaannya. Dengan merancang hal-hal ini, kamu jadi lebih terarah untuk melakukan kegiatan. Tapi ingat, daftar yang kamu buat harus benar-benar dilakukan, ya..

2. Buat jadwal kegiatan di ponsel
Kalau rancangan kegiatan di buku tidak cukup untuk mendorongmu melakukan kegiatan secara disiplin, buat jadwal kegiatan di ponselmu. Manfaatkan fitur alarm yang ada.

3. Shalat tepat waktu
Sebelum disiplin pada kegiatan-kegiatan duniawi, hendaknya harus diawali dengan disiplin pada Allah Ta’ala. Upayakan untuk shalat tepat setelah adzan berkumandang.

4. Berdo’a
Tidak disiplin waktu adalah kebiasaan buruk. Setiap orang selalu merasa kesulitan dalam “mengalahkan” diri sendiri untuk menghindari melakukan kebiasaan buruk. Rasulullah Salallahu ‘alaihiwassalam pun bersabda yang maknanya perang melawan hawa nafsu dari diri sendiri adalah perang yang paling sulit. Solusi terbaik untuk bisa mengatasi ini adalah berdo’a memohon bantuan kepada Allah Subhanahu wata’ala agar diberi kemampuan dalam mengupayakan menjadi diri yang lebih disiplin.

5. Tetap dekat dengan Allah
Perilaku tidak disiplin waktu lahir dari kebiasaan menunda dan membiarkan waktu terlewat sia-sia. Menyia-nyiakan waktu adalah salah satu contoh dari perbuatan buruk. Seseorang melakukan perbuatan buruk disebabkan karena jauhnya orang itu dari Allah dan jarangnya ia mengingat Allah. Perbanyaklah amalan yang senantiasa mengingatkan kita akan hadirnya Allah Subhanahu wata’ala, seperti dzikir. Jangan lupa pula amalan shalih lainnya yang bisa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Redaktur : Mel
Editor : Mar'ah
Diberdayakan oleh Blogger.