Pesantren Kilat Mahasiswa oleh Mpi Lampung Meledakkan Semangat Seluruh Peserta



Mpilampung.org - Bandar Lampung (10/06/2017) MPI (Mahasiswa Pecinta Islam) Lampung kembali menggelar acara yang kreatif dan inovatif. Pada kesempatan kali ini, yaitu bertepatan dengan Bulan yang mulia, yaitu Bulan penuh berkah serta penuh dengan ampunan-Nya (Ramadhan), MPI Lampung menggagas kegiatan yang menarik dan fenomenal, dimana sangat jarang ditemukan kegiatan yang semacam ini untuk kalangan para mahasiswa, yaitu dengan mengadakan acara Pesantren Kilat Mahasiswa. Pada acara tersebut memiliki dua tema, yaitu: "Golden Story Of Muhammad Shallallahu 'alayhi wasallam" dan "Aku Pilih Jomblo Karena Allah Subhanahu wata'ala". Adapun pembicara pada tema pertama, yaitu Ustadz Irfan Tajusalatin, ia adalah pengisi Penyejuk Hati Radar TV, dan pada tema yang kedua, yaitu Ustadz Farhat As-Syuja'i, ia merupakan seorang pemerhati pemuda muslim


Foto: Antusias Peserta Pesantren Kilat Mahasiswa

 
‌Acara ini diselenggarakan di Masjid Al-Wasi'i Universitas Lampung, yang dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta. Acara ini dibuka oleh Ketua Umum Mpi Lampung priode 2017/2018, Andi Setiadi, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar pemuda muslim saat ini dapat memahami dan dapat menjalankan kehidupannya sesuai dengan apa yang telah Rasulullah contohkan atau ajarkan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya ialah masalah percintaan, yaitu masalah yang akan dibahas pada acara ini.

Pada mukadimah materi pertama, Ustadz mengingatkan kepada seluruh peserta bahwa hendaknya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk berkonsentrasi penuh saat menyimak materi yang disampaikan. Ustadz mengatakan bahwa, Umat Nabi Muhammad shallallahu 'alayhi wasallam yang akan mendapatkan syafa'at beliau nanti ialah umatnya yang menjalankan kehidupan ini sesuai dengan Sunnah nya, yaitu apa yang telah diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alayhi wasallam.
Setelah materi pertama dilanjutkan dengan penyerahan dana "Baitul Maal Mahasiswa" yang berasal dari sumbangan para mahasiswa yang ikut dalam program tersebut. Dana yang dapat dikumpulkan yakni sebesar Rp 900.300,- yang selanjutkan dana tersebut diserahkan pada 3 mahasiswa yang berhak mendapatkan dana tersebut.

Pada Materi yang kedua ini didesain seperti acara talkshow dengan dipandu oleh dua orang MC, sehingga acaranya terlihat lebih menarik dan banyak sekali diskusi yang terjadi pada tema yang kedua ini. Pada materi yang kedua, Ustadz menyampaikan materi dengan sangat baik sekali, membuat peserta sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan.


Foto: Talkshow Seminar Keremajaan "Aku Pilih Jomblo karena Allah"

 
Pernikahan itu sejatinya adalah untuk menggapai ridho Allah Ta'ala. Menikah bagi seorang muslim adalah ibadah, yaitu sarana untuk menyempurnakan dien(agama) seseorang. Seorang laki-laki sudah seharusnya menata hati dan menghiasi diri dengan ilmu syari' sebelum menikah, karena laki-laki akan menjadi Imam untuk keluarganya, dan seorang Imam inilah yang akan membawa dan menuntun keluarganya menuju Jannah-Nya.

Bagi Mahasiswa yang telah muncul keinginan menikah dari hatinya dan merasa belum punya nyali serta kemapanan, jangan takut untuk menikah walau masih duduk dibangku perkuliahan, karena Rizki akan Allah subhanahu wata'ala mudahkan jalannya, ini adalah janji Allah subhanahu wata'ala, segeralah bangun mental yang kuat, mental yang tangguh, karena para sahabat dan orang-orang terdahulu dapat mengalahkan musuh-musuh Allah subhanahu wata'ala dan menjalankan kehidupan ini ialah dengan mental yang kuat, nyali yang tangguh, bukan dengan mental dan nyali yang lemah!!

Harapannya setelah diadakan acara ini, peserta dapat mempersiapankan diri dengan sebaik-baiknya sebelum menikah, yaitu dengan persiapan ilmu dan memantapkan hati, mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum menikah, mengingat minimnya pengetahuan tentang hakikat pernikahan yang dapat menyebabkan lahirnya generasi-generasi yang jauh dari Islam seperti pacaran, perzinahan, bahkan perceraian bagi yang telah menikah. Na'udzubillah min dzalik..

Semoga apa yang telah di kontribusikan di agenda ini mendapat catatan nilai pahala jariyah bagi kita semua dan Semoga kedepannya MPI Lampung dapat terus berperan untuk mensyi'arkan Agama Allah subhanahu wata'ala ini, sehingga terus menjadi fasilitator dalam penggagas berbagai program dan acara yang bermanfaat untuk umat Islam.

Reporter : Ricki Cahya UtamaTop of Form
Bottom of Form

Diberdayakan oleh Blogger.