AGENT OF DAKWAH


MPILampung.Org – Apakah dakwah merupakan kewajiban para ulama dan mubaligh saja? Tentu tidak, karena dakwah merupakan tugas dan kewajiban setiap muslim ‘agent of dakwah’ dengan kapasitas dan kemampuannya masing-masing.

Foto: Materi pertama oleh Ustadz Fajar Shaddiq

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu’anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu “alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa diantara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaklah dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemahnya iman’,” (HR. Muslim). Dapat dilihat pada dalil tersebut, bahwa tugas menyampaikan dan mengingatkan adalah tugas dari setiap muslim yang beriman. Jadi tugas dakwah bukanlah hanya kewajiban dari seorang ulama atau mubaligh saja, tetapi tugas dakwah adalah tugas dan kewajiban kita semua.

MPI Lampung sadar akan pentingnya hal ini, oleh karena itu, MPI Lampung mengusung kegiatan Dauroh Kaderisasi pada Sabtu dan Ahad, 11 dan 12 November 2017 dengan tujuan memahamkan manhaj yang benar yaitu manhaj Shalafush Shalih, dan menjelaskan asas-asas pergerakan MPI Lampung kepada seluruh Pengurus MPI Lampung dan anggota muda MPI Lampung, sehingga diharapkan seluruh pengurus dan anggota muda memahami Islam secara keseluruhan ‘tidak ada kepentingan lain didalamnya’ dan menjadi agent-agent dakwahNya.

Acara ini bertema “Agent of  Dakwah: Membentuk Pemuda Muslim Pembangun Peradaban Islam” yang bertempat di Masjid Ad-Du’a, Wayhalim, Bandar Lampung pada 08.00 – 15.00 WIB dan dilanjutkan bagi peserta laki-laki di Masjid Ar-Royyan, Kemiling, Bandar Lampung sampai Ahad, 06.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 60 laki-laki dan 60 perempuan. Materi-materi yang disampaikan pada acara ini, yaitu:
1. Ro’sul Amri (Pokok segala urusan) oleh Ustadz Fajar Shiddiq
2. Manhaj Salaf oleh Ustadz Waliush Sholihin
3. All About of MPI Lampung oleh Ustadz Didi Rahmadi
4. Membangun Jaring Dakwah oleh Ustadz Muhammad Iqbal

Harapannya setelah dilakukannya acara ini seluruh komponen yang terlibat di MPI Lampung dapat memahami dengan baik bagaimana Islam secara sempurna yaitu Islam secara keseluruhan, dan dapat memahami asas-asas pergerakan yang dilakukan oleh MPI Lampung, sehingga semua yang terlibat dapat menjadi agent-agent dakwah yang terus berloyalitas sesuai dengan syariat dan tidak menyelisihi syariat itu sendiri. Kesadaran akan hal ini perlu ditanamkan kepada setiap pengurus dan anggota muda secara khusus yang terjun langsung di kancah dakwah kampus dan kepada seluruh mahasiswa serta masyarakat muslim secara umum. Sehingga kita semua dapat menjadi Rijal-rijal Nya Allah Azza wa Jalla yang tercatat dalam sejarah perkembangan dan penyebarluasan Islam secara syumul dan kaffah, tanpa ada kepentingan apapun di dalamnya. Semata-mata hanya untuk Allah Azza wa Jalla, Rabb semesta alam.

 Foto: Mabit Dauroh Kaderisasi bersama UKM
Rohima Universitas Malahayati


Penulis: Ricki Cahya Utama

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.