Ratusan Peserta Antusias Hadiri Seminar Ukhuwah Muslimah MPI Lampung


MPILAMPUNG.ORG - Bandar Lampung (18/12/17) Alhamdullilah, berkat pertolongan Allah kemudian kerja keras panitia, Muslimah MPI Lampung berhasil menyelenggarakan Seminar Kemuslimahan dengan tema Discovery of Ukhuwah: Find Here! yang dimeriahkan dengan pameran poster bekerjasama Muslim Designer Community (MDC), aksi tukar jilbab dan penggalangan dana untuk Syam.

Acara ini diselenggarakan di Masjid Al-Wasi’i Universitas Lampung pada 16 Desember 2017. Adapun pemateri pada acara ini adalah Ustadzah Yusdiana (Praktisi dakwah muslimah dan direktur Rumah Quran Bunda Aisyah Bekasi) serta Ustadzah Neny Suswati (Inspirator muslimah dan ibu dari tiga orang hafidz).

Foto: Da'wah Poster Exhibition bekerjasama dengan MDC Chapter Lampung

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta yang tidak hanya berasal dari Bandar Lampung dan sekitarnya. Bahkan terdapat peserta yang datang dari Bekasi, Jawa Barat. Peserta pun beragam, mulai dari ibu-ibu yang memomong anaknya, mahasiswi dari berbagai kampus di Bandar Lampung, pelajar SMA, dan tak kalah ketinggalan pelajar SMP juga ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Pelaksana, Habibah Monanisa, yang mewakili panitia, mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta dan juga memohon maaf jika selama acara terdapat kekurangan. Ia menyampaikan urgensi persatuan umat Islam di zaman sekarang. "Bukan saatnya kita sebagai umat Islam berpecah belah. Saatnya kita bersatu sebelum musuh Islam semakin dalam mencabik-cabik kita."

Acara dilanjutkan oleh sambutan oleh Ketua Umum Muslimah MPI (Mahasiswa Pecinta Islam) Lampung sekaligus perkenalan Muslimah MPI Lampung. Dalam sambutannya, Mentari Bela Wahyudienie menyampaikan bahwa MPI adalah suatu wadah mahasiswa yang didirikan dalam rangka ikut berpartisipasi menegakan agama Islam (iqomatuddien).

Acara memasuki inti yaitu materi. Materi pertama disampaikan oleh Ustadzah Neny Suswati tentang Pengantar Ukhuwah. Ustadzah Neny menjelaskan bahwa ukhuwah adalah keterikatan antarmuslim sehingga dapat mencintai, mendoakan, dan menolong dalam kebaikan. Beliau juga menyampaikan tentang dasar perintah ukhuwah, keutamaan ukhuwah Islamiyah dan memberi tips bagaimana menjaga ukhuwah Islamiyah.

Materi kedua disampaikan oleh Ustadzah Yusdiana mengenai Ukhuwah: Pilar Kekuatan Islam. Beliau menjelaskan bahwa persaudaraan dibentuk atas dasar keimanan. Beliau mengingatkan peserta beberapa urgensi ukhuwah. Beliau mengingatkan, bahwa umat Islam harus mewaspadai adu domba yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam melalui media dengan membuat buruk citra Islam. Beliau juga memaparkan faktor perpecahan umat dan solusi untuk mengatasinya.

Sesi tukar jilbab

Acara dilanjutkan dengan sesi tukar jilbab. Pada acara ini lebih dari 250 jilbab syar’i dibagikan secara gratis kepada muslimah yang ingin berhijrah. Tidak lupa panitia memberi tutorial pemakaian jilbab yang syar’i. Setelah acara tukar jilbab, panitia juga membagikan doorprize kepada 12 orang peserta yang beruntung.

MPI Peduli Syam

Dalam acara ini juga dilakukan penggalangan dana untuk membantu kaum muslimin di Syam, khususnya di Suriah dan di Palestina. Para peserta sangat antusias sehingga terkumpul uang sejumlah Rp. 5.617.000,00.

Acara kemudian ditutup oleh MC. Dalam penutup, MC menyampaikan bahwa Muslimah MPI Lampung meminta maaf jika pada acara banyak kekurangan dan kesalahan serta berterima kasih atas antusiasme peserta dalam mengikuti seminar.

Panitia menjelaskan kesuksesan acara adalah karena pertolongan Allah ta’ala. Selanjutnya, panitia berharap Muslimah MPI Lampung dapat lebih baik lagi dalam berkontribusi untuk kepentingan ummat. Secara umum, dari survei menggunakab angket yang dibagikab, para peserta senang dan termotivasi serta menyarankan agar acara ini lebih sering diselenggarakan.

Reporter : Savira Ananda
Editor : Astriva
Previous
Next Post »