Jalin Solidaritas, Muslimah MPI Lampung Selenggarakan Acara Outbound dan Kemah

Foto : Para peserta MMPI Outbound
MPILAMPUNG.ORG - Bandarlampung (22/01/18) Alhamdulillaah alladzi bini'matihi tathimmush shaalihaat, atas pertolongan dan kemudahan dari Allaah, Muslimah MPI (MMPI) Lampung sukses menggelar acara MMPI OUTBOUND pada Jum'at-Sabtu, 19-20 Januari 2018 lalu. Acara ini diselenggarakan di Taman Wisata Wira Garden dengan dihadiri pengurus dan anggota muda MMPI Lampung sebagai pesertanya. Tak lupa, para pembina dan alumni juga turut serta mendampingi hingga berakhirnya acara.

Acara yang bertemakan "Sebab Ukhuwah, Terjalin Solidaritas Lillah!" ini ditujukan untuk mempererat ukhuwah antara pengurus MMPI Lampung dengan anggota muda yang baru bergabung. Oleh karenanya, mereka menjadi peserta sedangkan panitianya adalah presidium MMPI Lampung dibantu dengan para alumni.

"Jumlah anggota MMPI Lampung yang semakin banyak sebenarnya merupakan tantangan tersendiri bagi kami untuk menjawab : bagaimana dengan jumlah yang banyak, MMPI Lampung bisa terus kompak.", ujar Ketua Umum MMPI Lampung. Acara ini sengaja panitia selenggarakan khusus untuk pengurus dan anggota internal MMPI Lampung dengan tujuan agar saling mengenal, bertambah keakraban, makin solid dan kokoh, hingga mereka semakin kompak. Panitia berharap kader-kader MMPI Lampung semakin siap untuk diterjunkan ke masyarakat dengan ilmu dan solidaritas lillah sebagai modal utama.

Dalam acara ini, panitia menyuguhkan berbagai permainan yang melatih kekompakan. Setiap permainan mengandung hikmah tersendiri dan peserta diminta untuk memikirkan dan mempresentasikan apa hikmahnya.

Selain itu, diselenggarakan lomba masak. Ada yang menarik dalam kegiatan satu ini. Sebelumnya, panitia telah menginstruksikan kepada semua kelompok agar membawa bahan masakan yang nominalnya tidak lebih dari 20 ribu rupiah. Namun, ada salah satu kelompok yang tidak membawa bahan masakan. Oleh karena panitia melarang untuk membeli ke luar area kemah, kelompok tersebut mencari bahan masakan di sekitar area. Mereka berhasil menghidangkan tumis jagung dan daun melinjo sebagai menu utama.

Pada malam harinya, diselenggarakan sesi malam keakraban (makrab). Sesi ini diawali oleh tausiyah dari para pembina kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan sharing dari para alumni. Ditemani hangatnya api unggun, para alumni menceritakan bagaimana awal mula perintisan MMPI Lampung, dari awalnya yang jumlahnya sangat sedikit hingga kini, atas izin Allaah, menjadi banyak. Para alumni berharap jumlah yang banyak tidak menghalangi hadirnya kekompakan, justru itu harus bisa menjadi sumber kekuatan bagi MMPI Lampung.

Acara ini dihadiri oleh 40 orang peserta, 9 orang panitia, dan 8 orang pembina. Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Nama kelompok diambil dari nama-nama shahabiyah yaitu Ummu Umarah Nusaibah binti Ka'ab, Khaulah binti Al-Azwar, Nailah binti Al-Farafishah, dan Sumayyah binti Khayyat. "Kami panitia sengaja menggunakan nama-nama tersebut dengan harapan semangat berkorban dan memperjuangkan Islam yang ada pada diri para shahabiyah radhiyallaahu 'anhunna itu dapat sampai ke hati-hati para peserta.", ujar Sekjen MMPI Lampung pada sesi penutupan acara.

Para peserta mengakui bahwa acara ini sangat berkesan walaupun mungkin melelahkan. "Lelah yang Lillah. Baru kali ini merasakan ikatan yang kuat selama rihlah MMPI Lampung yang tidak saya dapat di tempat lain. Organisasi yang lebih dari sekedar organisasi.", imbuh salah seorang anggota muda MMPI Lampung.

MMPI Lampung bukanlah kumpulan orang baik, namun kumpulan orang yang berusaha untuk menjadi baik. Berkumpul bersama orang-orang yang memiliki semangat yang sama adalah salah satu ikhtiar kami untuk mencapai derajat mar'atush shalihah. MMPI Lampung terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar Islam bersama-sama. Mari berusaha untuk saling memotivasi, menyemangati, mengingatkan, dan menasihati dalam kebenaran seta kesabaran.

Reporter : Astriva
Newest
Previous
Next Post »