Selayang Pandang MPI (Mahasiswa Pecinta Islam)

SELAYANG PANDANG MPI


MUQADDIMAH
بسم الله الرحمن الرحيم 

Mahasiswa Pecinta Islam (MPI) didirikan di Baitul Maqdis Center Jakarta, pada tanggal 11 Rabi’ul Awwal 1430 Hijriyyah, atau 8 Maret 2009 M. dan dideklarasikan secara resmi di Jakarta pada tanggal 16 Muharram 1431 H atau 03 Januari 2010 M. Alhamdulillah MPI kini telah menyebar di beberapa daerah, seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Riau, Lampung, Bandung, Solo dan Medan. insya Alloh akan disusul daerah –daerah lain seperti Surabaya, Purwokerto, Bekasi, Banten, Malang, Makassar, dll.

MPI adalah organisasi dakwah dan pergerakan mahasiswa yang didirikan dalam rangka ikut berpartisipasi menegakkan Islam (iqamatuddien)bersama dengan elemen umat Islam lain, sesuai kompetensi mahasiswa. MPI akan menyemai, merawat dan mematangkan jatidiri keislaman mahasiswa untuk menjadi kontributor kejayaan Islam sesuai minat dan keahlian masing-masing.

MPI tidak merubah profil mahasiswa dengan segenap bidang keahliannya menjadi “santri-santri” yang hanya asyik belajar Islam dan melalaikan kuliahnya. Namun MPI hanya akan memoles ilmu dan keahlian mahasiswa dengan spirit cinta dan pembelaan terhadap Islam sehingga akan memberi manfaat seluas-luasnya bagi Islam dan umat Islam.

Semboyan MPI adalah Al-Kitab Al-Hadiy, As-Sayfu An-Nashir [ Kitab – Al-Quran – sebagai Petunjuk, Pedang sebagai Penolong]. Maksudnya, MPI akan mendakwahkan Islam dengan panduan Al-Qur’an dan menolongnya dengan pedang jika diperlukan. Kalimat ini merupakan kutipan dari perkatan Syaikh Al Islam Ibnu Taymiyyah, yang menggambarkan misi yang dibawa Islam ke panggung dunia.

TUJUAN MPI

Tujuan MPI adalah terwujudnya insan akademis yang menjalankan syari’at Islam sehingga tercipta generasi Islam yang memahami, mencintai dan memperjuangkan Islam. Untuk mencapai tujuan, MPI berusaha untuk :

1. Menanamkan ajaran Islam kepada mahasiswa secara murni dan kaffah.
2. Membentuk pola pikir Islam kepada mahasiswa.
3. Menghimpun potensi ilmu dan keahlian mahasiswa untuk menegakkan Islam.
4. Membina dan menggerakkan mahasiswa untuk membela Islam.
5. Mewujudkan sarana-sarana aktualisasi diri bagi mahasiswa yang sejalan dengan aturan Islam.


LATAR BELAKANG MPI

MPI berdiri dilatar-belakangi oleh alasan keprihatinan atas realitas kontemporer umat Islam yang belum juga menemukan solusi untuk mengentaskan umat dari berbagai problematika yang menderanya. Problema kompleks bak benang kusut, entah dari mana harus mengurainya. Problema yang menurut kami menjadi prioritas untuk ditangani dan relevan dengan kami adalah problema dakwah kampus yang masih kedodoran menghadapi tantangan dakwah kampus yang sangat dinamis. Keprihatinan ini membuahkan gagasan-gagasan konstruktif yang terus dimatangkan dan diwadahi dalam organisasi dakwah-kemahasiswaan ekstra kampus bernama Mahasiswa Pecinta Islam (MPI). Beberapa keprihatinan di tengah realitas gerakan dakwah kampus dalam pandangan MPI :

1. Gerakan dakwah kampus belum sepenuhnya tegak di atas manhaj salaf ash shalih.
Ada gerakan mahasiswa hari ini yang tegak di atas manhaj baru yang tidak dikenal di masa-masa generasi salaf; baik para sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in, dan MPI hadir dengan menawarkan manhaj salaf yang utuh dan murni, insyaallah.

2. Visi yang belum bersih untuk Islam yang murni. Fenomena ini mudah ditemukan, karena ideology Islam yang diusung banyak pergerakan mahasiswa muslim bukan ideology tauhid dan membebaskan manusia dari perbudakan sesama manusia. Bahkan ada yang mengusung ide-ide sosialisme, liberalism, nasionalisme jahiliyah dan sebagainya.

3. Pergerakan mahasiswa muslim banyak yang disibukkan dengan hiruk-pikuk politik praktis padahal system politik yang ada jauh dari system politik

Islam. Sibuk dengan politik praktis pasti berdampak pada pragmatism dan melunturkan militansi ideology Islam yang murni, ideology tauhid yang bersih. Politik praktis juga akan mengaburkan aqidah al-wala wa al-bara, nahi munkar dan obsesi untuk tegaknya syariat Islam.

4. Memberi obsesi berlebihan kepada mahasiswa dalam membela Islam sehingga menjadi terlalu asyik dengannya dan melalaikan kuliah.
Tindakan ini menyebabkan orang tua kecewa, mahasiswa juga matang belum waktunya, dan bidang keahlian yang ditekuni juga tidak maksimal.

5. Banyak gerakan mahasiswa Islam yang berdakwah dan beramar ma’ruf, namun masih sedikit berkiprah dalam kegiatan nahi munkar.
MPI akan berusaha ikut mengisi kekosongan ini dengan berbagai upaya nahi munkar yang mungkin dilakukan dalam konteks mahasiswa.

6. Banyak gerakan mahasiswa yang dibangun di atas fanatisme kelompok, sehingga tolok ukur pertemanan bukan karena Islamnya, tapi karena golongannya.
MPI berusaha mengikis hal ini, dengan menjaga keseimbangan antara solidnya loyalitas kader kepada MPI tapi juga mampu toleran dengan pergerakan mahasiswa muslim yang lain. MPI akan terus membangun kerjasama dan dialog yang konstruktif dengan mengacu pada manhaj ahlus
sunnah wal jamaah.
Berangkat dari realitas ini, MPI menyimpulkan perlunya dibuat wadah pergerakan dakwah kampus yang diharapkan menjadi solusi komperehensif dari semua problematika dakwah kampus yang ada. Maka dari itu, MPI didesain untuk menjadi organisasi kemahasiswaan yang membawa tradisi keilmuwan para ulama salaf sekaligus punya semangat dalam da’wah, ‘amar ma’ruf nahyi munkar, dan jihad fii sabiilillah. Inilah kekhasan MPI dibandingkan organisasi-organisasi kemahasiswaan
Islam yang pernah ada.

MPI ibarat bayi yang baru dilahirkan, sehingga membutuhkan banyak uluran tangan dan gizi yang baik untuk membuat sang bayi tumbuh dan berkembang. Maka, MPI terbuka untuk menerima berbagai uluran tangan dan bantuan, bahkan kritikan asalkan kontruktif.
Mari kita bersama bersatu di atas manhajnya para sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in. Kembali kepada pemahaman generasi pertama Islam (salaf ash shalih) dalam tarbiyah, da’wah, dan jihad.
Semoga apa yang MPI usahakan ini menjadi saksi di hadapan Allah kelak bagi kiprah dan kontribusi kita dalam membela Islam sehingga akan membuka pintu ridha dan maghfirah-Nya. Aamiin...


Yogyakarta, 01 November 2012
Badan Pengurus Pusat MPI (Mahasiswa Pecinta Islam)
Diberdayakan oleh Blogger.